Selasa, 23 Oktober 2012

NIAT MENYEMBELIH QUBAN DAN AQIQAH



Dalam riwayat Imam Baihaqy disebutkan bahwa orang yang akan melaksanakan aqiqah disunakan membaca do’a ketika akan menyembelih kambing aqiqah. Adapun lafadz do’anya adalah: “Allohumma minka wa ilaika aqiiqot fulan” artinya “Ya alloh dari-Mu dan kembali pada-MU aqiqah si fulan (sebutkan nama anak yang diaqiqahi). Dan dalam hadits yang diriwayatkan dari Aisyah RA, bahwasanya Nabi SAW pernah melaksanakan aqiqah bagi Hasan dan Husain. Dan beliau pun bersabda: katakanlah oleh kalian “Bismillahi Allohumma laka wa ilaika ‘aqiiqoyu fullan”
Adapun dalam sembelihan hewan qurban disunahkan membaca do’a: “Bismillahi Wallohu Akbar Allohumma taqobbal minni”. Karena dalam sebuah hadits yang diriwaytakn dari Jabir RA, ia berkata: “Aku pernah melaksanakan sholat ‘Iedul Adha bersama Rasulullah SAW, tatkala beliau selesai melaksanakannya, beliau datang sambil membawa seekor kambing yang besar lalu beliau menyembelihnya, Dan berdo’a: “Bismillahi wallohu akbar Allohumma haadzaa ‘anni wa ‘amman lam yudhohhi min ummati” (Dengan menyebut nama Alloh, Alloh Maha Besar, Ya Alloh ini adalah kurban dariku dan dari umatku yang tidak mampu untuk melaksanaknnya) (HR Ahmad, Abu Daud dan Tirmidzy- Nailul Author 5/109).
Sedangkan menutupi bekas luka sembelihan dengan kain yang berwarna putih, belum kami dapatkan keterangan yang menjelaskan tentang pensyariatan hal tersebut. Oleh karena itu alangkah baiknya kita tidak melaksaakan hal tersebut, agar jangan sampai termasuk orang-orang yang mengada-adakan dalam hal agama.

1 komentar: